«

»

Tips Merebus dan Mengupas Kulit Telur Agar Tidak Rusak

cara mengupas kulit telurBagaimana cara merebus telur agar putih telur tidak rusak ketika dikupas kulitnya? Kita sering jengkel, termasuk saya..he3x… ketika mengupas kulit telur, putih telur lengket dengan kulitnya, sehingga permukaan putih telur rusak, tidak mulus lagi, dan mengurangi penampilan. Apakah ada cara untuk menghindari persoalan ini? Alhamdulillah ternyata ada caranya.

Berikut tips yang saya temukan hasil searching di Mbah Google supaya kulit telur mudah dikupas dan putih telur tetap mulus dan cantik :

  • Saat merebus telur, masukan telur saat air sudah mendidih. Memasukan telur pada saat awal merebus akan mengakibatkan bagian kuning telur menyembul keluar saat mengupasnya. Memasukan telur saat air sudah mendidih juga akan menjadikan proses memasak lebih cepat.
  • Bisa juga saat anda merebus telur ini anda menambahkan setengah sendok teh asam jawa. Hal ini akan membuat putih telur tidak menempel pada cangkang sehingga permukaan telur tetap mulus saat dikupas dari cangkangnya.
  • Agar telur rebus mudah saat dikupas dapat juga dengan cara menambahkan sedikit garam dan cuka dalam air pada saat merebus.
  • Untuk kualitas telur, jangan merebus telur yang baru ditetaskan. Karena biasanya telur akan sangat lengket dengan cangkangnya. Belilah telur segar yang telah ditetaskan dua atau tiga hari sebeumnya.
  • Untuk telur yang dari kulkas tambahkan 2 menit waktu perebusannya untuk tiap jenis telur.
  • Gunakan api sedang pada saat merebus telur, agar matangnya merata
  • Agar posisi kuning telur ditengah, caranya dengan mengaduk-aduk dengan rencana selama proses perebusan berlangsung. Dalam hal ini berarti alam sekali merebus, jumlah telur jangan terlalu banyak, atau dapat juga disesuaikan dengan space panci. Sehingga saat di aduk, telur tidak sering berbenturan dan mengaduknya harus hati-hati.
  • Untuk telur yang cangkangnya ada yang retak pada saat mentah (namun isinya belum sampai keluar) saat merebusnya agar tidak pecah, bungkus/masukkan telur dalam plastic foodgrade, ikat, lalu rebus seperti biasa. 
  • Setelah telur matang tiriskan telur beberapa saat kemudian rendam dengan air es. Hal ini akan membuat suhu kulit telur menurun dan terpisah dari putih telurnya.
  • Cara lain agar mudah waktu mengupas telur rebus adalah dengan meretakkan telur yang sudah matang, caranya: telur dipukul-pukulkan secara merata dan pelan ke meja sampai retak merata seluruh cangkangnya, tapi harus dengan hati-hati karena jika terlalu keras memukulnya putih telurnya bisa rusak. Cara ini digunakan harus dengan terlebih dahulu merendam sekejap telur yang masih panas matang ke dalam air dingin.
  • Ketika dalam penyajian telur rebus anda ingin membelah/membagi telur rebus menjadi dua bagian sama rata, jangan menggunakan pisau untuk membelahnya. Karena hasilnya tidak maksimal/akan terbentuk guratan tidak rata pada sisi dalam telur rebus. Sebaiknya anda membelah telur rebus dengan menggunakan satu helai benang yang panjangnya disesuaikan, lalu belah telur dengan benang tersebut. Hasilnya akan sangat cantik dan teksturnya halus tanpa guratan di bagian dalam.

Ternyata sederhana ya solusinya. Memang kalau kita belum tahu ilmunya, semuanya jadi sulit. Dengan ilmu, semuanya jadi terang benderang. Selamat berpraktek!

 

Sumber :

  • http://sharingdisini.com/2012/02/15/966/
  • http://blog.sedapur.com/2011/10/21/tips-mengupas-kulit-telur-agar-tidak-rusak/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>