«

»

Makanan Sehat Untuk Penderita Diare

solusi untuk diarePeralihan musim dan pada musim penghujan seperti sekarang ini seringkali beberapa bakteri dan virus masuk kedalam tubuh kita melalui makanan yang kita konsumsi. Biasanya diare menjadi penyakit yang lazim dialami oleh warga di kota besar. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan diare, adalah virus lambung, sindrom iritasi usus, atau obat tertentu.

Diare adalah adanya peningkatan volume, keenceran ataupun frekuensi buang air besar (buang air besar encer atau cair sebanyak tiga kali atau lebih dalam 24 jam). Diare adalah gejala buang air besar dengan konsistensi feses (tinja) lembek, atau cair, bahkan dapat berupa air saja. Ini dapat terjadi lebih dari dua kali sehari dan berlangsung dalam jangka waktu lama tapi kurang dari 14 hari. Seperti yang kita ketahui, pada kondisi normal, orang biasanya buang besar sekali atau dua kali dalam sehari dengan konsistensi feses padat atau keras.

Penting bagi kita untuk tanggap terhadap penyebabnya dan segera mengobatinya sebelum diare berkembang menjadi parah. Untuk itu berikut lima makanan yang harus dikonsumsi bagi anda yang menderita diare.


1. Diet BRAT

Makanan terbaik sebagai anti diare adalah pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang (Banana, Rice, Applesauce, and Toast – BRAT). Keempat makanan ini mudah dicerna, sehingga tidak menyebabkan iritasi lebih lanjut pada sistem pencernaan. Makanan ini dapat dimakan oleh siapapun yang berusia di atas 12 bulan, sedangkan anak kecil yang berusia di bawah 12 bulan direkomendasikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.


2. Yogurt

Bila Anda mengalami diare berarti tubuh sedang mencoba melepaskan diri dari bakteri jahat. Yogurt membantu mengatasi diare karena mengandung bakteri baik yang membantu menjaga sistem pencernaan menjadi lancar. Yogurt juga mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan masalah yang terkait dengan produk yang terbuat dari susu. Anda harus menghindari susu saat diare karena bisa membuat diare menjadi lebih buruk.

 

3. Perbanyak Asupan Cairan yang Mengandung Elektrolit

Saat diare atau tinja menjadi cair, tubuh cenderung cepat mengalami dehidrasi dan kehilangan elektrolit. Cara terbaik mengatasi diare adalah dengan meningkatkan asupan cairan dan kaldu yang bisa merehidrasi dan menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Hindari jus prune atau tipe jus yang dapat meningkatkan gerakan usus. Selain itu, hindari kafein karena menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan.

 

4. Pilih Makanan Rendah Serat dan Tinggi Natrium

Meskipun nampak bertentangan dengan aturan tradisional yang membatasi asupan garam dan mendapatkan asupan serat sebanyak mungkin, namun makanan terbaik untuk dikonsumsi saat diare adalah makanan yang mampu menahan cairan tubuh seperti yang dilakukan oleh garam.

 

5. Hilangkan Konsumsi Makanan Tinggi Lemak atau Gula

Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak atau gula selama diare karena dapat membuat kondisi menjadi lebih buruk.


Demikianlah info 5 makanan sehat untuk penderita diare, semoga bermanfaat.

Sumber : www.jawaban.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>